Rabu, 20 Agustus 2008

PERAWATAN KULIT

Lemon Untuk Kesehatan Kulit


Lemon adalah buah alami yang penting untuk kesehatan kulit


1. Resep Lemon


Peraslah lemon ke dalam sebuah mangkok. Masukkan satu gelas penuh susu dan 1 sendok teh gliserin ke dalamnya. Aduk rata dan biarkan selama setengah jam. Oleskan campuran ini di muka , tangan dan kaki sebelum tidur malam. Cara perawatan di malam hari ini akan membantu Anda terlihat lebih muda dan cantik. Itu juga dapat membantu mengobati jerawat.
2. Untuk Kulit Berminyak
Peras lemon ke dalam mangkok yang berisi air es . Percikkan ke seluruh wajah, pijat selama 5 menit dan bersihkan wajah dengan air.
3. Untuk Membuat Kulit Lebih Mengkilap & Untuk Kulit Berminyak
Campurkan setengah sendok teh air lemon dengan satu sendok teh air ketimun dan beberapa tetes air mawar. Oleskan ke wajah dan leher, biarkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air.
4. Untuk Kulit Kering & Kasar
Campurkan 1 kuning telur dengan beberapa tetes air lemon dan minyak zaitun. Oleskan di wajah dan biarkan sampai kulit terasa kering . Bersihkan dengan air biasa dan percikkan dengan air es.
5. Untuk Menghilangkan Kecapean Pada Mata
Ambil masing-masing 4 sendok makan dari air lemon dan air es. Taruh di sebuah kapas, campuran dari lemon dan air dingin tersebut, dan taruh di mata Anda yang tertutup selama 10 menit.
6. Untuk Menghilangkan Bintik-Bintik
Gilinglah 2 buah almond. Campurkan itu dengan 1 putih telur dimana setengah sendok teh air lemon yang telah dicampurkan. Oleskan pada wajah dan biarkan sampai kulit terasa kering. Kemudian cuci bersih dulu dengan air hangat kemudian dengan air dingin.


Perhatikan Kesehatan Kulitmu


Setelah lelah beraktivitas seharian, rasanya tidak ada yang lebih menyenangkan selain merebahkan diri di kasur yang empuk, meregangkan otot dan melemaskan seluruh persendian. Tapi tunggu dulu, jangan mentang-mentang badan lelah lalu kamu nggak peduli sama sekali dengan wajah yang sebenarnya sudah menjerit minta dibersihkan. Sebelum kamu membiarkan kesalahan seperti tadi menimpa wajah cantik kamu, silahkan simak dulu beberapa kesalahan dalam merawat kulit dari wajah, daerah sekitar mata, hingga seluruh tubuh yang patut dihindari supaya kulit tetap sehat dan semakin cantik bila dipandang.
1. Kesalahan : Menggunakan Sabun Untuk Membersihkan Wajah.
Solusinya : Segera ganti sabun yang kamu pakai dengan busa pembersih wajah yang lembut. Sabun hanya akan membuat kulit mengalami kekeringan , sehingga semua kandungan minyak alami pada kulit akan hilang. Asal kamu tahu, sabun adalah golongan deterjen yang harus dihindari oleh wajah. Kulit wajah pada umumnya akan terlihat lebih bercahaya tanpa sabun.
2. Kesalahan : Tidak Membersihkan Waktu Pada Waktunya.
Solusinya : Jangan pernah menunda untuk membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Segera lakukan setibanya di rumah. Jangan biarkan kotoran yang sudah menumpuk seharian berada terlalu lama pada kulit wajah. Bila tidak akan keluar rumah lagi, segera bersihkan wajah dengan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit kamu. meskipun seharian kamu menganggap tidak menggunakan make-up , tetaplah bersihkan wajah sebab berbagai polusi , debu dan udara kotor dari luar mudah menempel di pori-pori wajah. Umumnya kebanyakan dari kita lebih banyak menghabiskan waktu mempersiapkan perawatan wajahnya di pagi hari saja, namun tidak tuntas membersihkannya di malam hari. Padahal membersihkan wajah sesuai beraktivitas dan melakukan perawatan di malam hari juga tak kalah penting.
3. Kesalahan : Tidak Memakai Krim Mata / Eye Cream.
Solusinya : Pilihlah krim mata yang bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Daerah mata adalah indikator utama dari wajah yang menunjukkan penuaan dini. Itu sebabnya produk yang diformulasikan untuk daerah sekitar mata punya kandungan nutrisi lebih banyak dibandingkan pelembab yang biasa kamu pakai. Hindari pemakaian krim mata yang terlalu tinggi konsentrasinya karena punya kemungkinan untuk menggumpal pada wajah.
4. Kesalahan : Lebih Memilih Minum Diet Soda Dibandingkan Air Putih
Solusinya : Dampak minum minuman yang mengandung soda, termasuk diet soda tidak menguntungkan bagi kadar kelembaban kulit dibandingkan air putih. Pasalnya, zat bicarbonat pada soda bersifat menyerap kadar air pada sel-sel tubuh, sehingga kulit bisa mengalami dehidrasi apabila komsumsi minuman bersoda cukup sering dilakukan . Biasakan untuk minum air putih agar kelembaban tubuh senantiasa terjaga.
5. Kesalahan : Tidak Menggunakan Sunblock Setiap Hari.
Solusinya : Gunakan sunblock dengan kandungan SPF 15 setiap hari. Tidak pernah ada kata terlambat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunblock penting untuk melindungi kulit dari penuaan dini dan flek / noda.
Bahasa Tubuh Untuk Kecantikan
Bila bisa berbicara , tubuh memiliki bahasa tersendiri bila menginginkan perawatan yang tepat. Simak beberapa tanda bila tubuh perlu perawatan yang tepat.
Kerutan Pada Leher
Tahukah Anda bahawa leher termasuk salah satu bagian tubuh yang lebih cepat menua dibanding bagian tubuh yang lainnya ? Hal ini bisa diketahui dari munculnya kerutan pada leher atau bentuk leher yang mulai menggantung pada usia sekitar 30an. Memang, secara alami siapapun pasti mengalami proses penuaan. Ada beberapa penyebab yang tidak bisa dihindarkan . Namun sebagian besar kerutan pada leher pada umumnya disebabkan karena tidak memberikan perawatan yang baik di bagian leher. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan langkah-langkah agar leher terlihat lebih muda dan indah.
Saat mengoleskan alas bedak pada bagian leher , sebaiknya jangan lupa membersihkannya pada malam hari. Dapat dipahami bila kaum perempuan kebanyakan lupa membersihkan leher ketika sudah lelah dan mengantuk di malam hari. Padahal ini merupakan salah satu penyebab mengapa leher tampak kusam karena sisa kosmetik dan debu yang tidak dapat dibersihkan.
Agar selalu bersih, lakukan dengan perawatan yang sempurna. Leher yang tampak muda juga perlu eksfoliasai ( pembersihkan leher dengan cara yang maksimal ) . Caranya menggosokkan leher dan gunakan waslap harus secara perlahan. Anda bisa menggunakan scrub kulit yang lembut untuk membersihkan leher. Jangan lupa lindungi leher dari pengaruh buruk sinar ultra-violet dari matahari.
Caranya : pada pagi hari, gunakan sunblok pada daerah leher untuk mencegah penuaan. Paparan sinar matahari yang terlalu lama pada leher dapat menimbulkan warna kulit jadi tidak sama sehingga timbul bintik kecoklatan ( age spot ) . Mengoleskan pelembab pada leher juga dapat membantu kerut agar tidak terlihat. Oleskan secara teratur untuk mencegah kulit gatal dan kering. Rilekskan ketegangan di leher , rahang dan wajah dengan menekankan lidah ke langit-langit mulut selama beberapa detik . Lepaskan dan Anda akan merasa ketegangan sirna. Anda juga bisa melakuakn perawatan ekstra untuk memberi nutrisi pada kulit di bagian leher. Caranya gunakan krim malam atau minyak zaitun di bagian leher untuk memberi asupan nutrisi di bagian ini. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada dalam krim malam mampu meningkatkan elastisitas kulit di bagian leher.
Mengatasi Kantung Mata
Keindahan mata tidak hanya terpancar dari sinar yang berpendar yang melambangkan emosi dan apa yang Anda rasakan . Namun, mata juga bisa menjadai cermin kesehatan sekaligus kecantikan.
Ada beberapa ciri dimana mata Anda sebenarnya mengeluarkan nada protes, misalnya mata terasa berat dan pedih, terbentuk kantung dan warna kecoklatan di bagian bawah mata , mata kerap gatal dan pedih serta tampak benjolan kecil pada bawah mata jika disentuh ?
Kantung pada mata memang menjadi salah satu masalah yang mengurangi keindahan mata . Meskipun Anda sudah berusaha tampil secantik mungkin dengan bulu mata yang lentik maupun eye-shadow secantik apapun, tetapi bila bentuk mata berkantung, ini tentu akan jauh dari kata cantik dan indah.
penyebab mata berkantung pada setiap orang bisa bermacam-macam , antara lain perubahan keseimbangan cairan tubuh karena perubahan cuaca , perjalanan jauh dan hormon, beberapa bahan yang terkandung dalam obat. Alergi juga merupakan penyabab mata berkantung dan pedih .
Cairan yang terperangkap pada bagian bawah mata yang biasanya terjadi ketika bangun tidur atau menangis, pola tidur tidak teratur. Namun jangan khawatir , mata berkantung bukannya tidak dapat diatasi. Untuk kembali mendapatkan mata indah Anda , lakukan saja hal-hal berikut ini.
Gunakan krim mata. Aplikasikan dengan cara memijat bagian bawah mata ke arah luar untuk mengurangi cairan yang terkumpul . jangan lupa untuk menyimpan krim mata di dalam kulkas. Suhu dingin dapat meyegarkan mata Anda.
Ada beberapa jenis buah seperti stroberi, mentimun dan kentang bisa mengurangi tampilan kantung mata. Caranya potong dan kompreskan beberapa menit. Selain itu, bisa juga dengan membungkus potongan es pada kain katun dan menempelkannya pada kedua mata sebelum beraktivitas. Tidak cukup hanya menjaga dari luar saja, banyaklah minum air putih untuk mengatasai kantung mata. Terakhir, aturlah jam tidur yang cukup, tentunya jangan sampai kurang tidur ataupun justru berlebihan.
Agar Kulit Tidak Cepat Menua
Seiring berjalannya waktu , kulit pun mengalami perubahan . Perubahan wajar yang sejalan dengan usia tentu bukan maslah, namun bagaimana jika kulit Anda 'berumur' jauh lebih tua dari usia biologis Anda saat ini ?
Suplai Oksigen
Meski masalah hormonal sangat mempengaruhi kualitas kulit . Anda juga bisa ikut ambil bagian loh, minimal menjaga metabolisme tubuh agar berjalan lancar. Tentu saja agar tampilan kulit tidak menipu usia Anda yang sebenarnya. Salah satunya dengan menyuplai oksigen . Mengapa ? Sebab, pada usia 30, lapisan kulit manusia akan kehilangan sekitar 65% kadar oksigen . Seperti halnya organ tubuh lainnya , kulit pun perlu oksigen untuk proses regenerasi sel. Oksigen ini harus selalu baru dan terjamin keberadaanya. Dari proses pembentukan sel sampai pengelupasan , oksigen yang disalurkan lewat vascular system ini seolah tak pernah berhenti mengalir. Bahkan sebuah penelitian medis membuktikan penyebab utama kulit ' menua' oleh karena kurangnya suplai oksigen. Tak heran jika oksigen menjadi issue potensial penyebab premature aging. Beruntung di dunia teknologi kecantikan dikenal terapi oksigen yang dapat membuat kulit wanita terlihat lebih muda, sehat , dan segar. Treatment yang termasuk favorit ini juga mendorong beberapa produsen kosmetik untuk menciptakan produk sejenis oxygen booster yang mengandung formula mineral beroksigen . Sebut saja jenis oxygen spray atau oxygen inhalation yang sengaja dirancang lebih praktis dan ekonomis . Atau perawatan dengan masker atau facial oksegen untuk treatment yang lebih advance.
Skin Rejuvenation
Selain suplai oksigen , skin rejuvenation atau peremajaan kulit bisa dipertimbangkan untuk mengatasi kulit yang sudah terlanjur 'menua' tadi.Dalam istilah populer, peremajaan kulit adalah upaya untuk mendorong skin renewal rate atau regenerasi kulit agar kembali mendekati siklus normalnya , yaitu 21 hari . Dengan mengembalikan siklus kulit ke asalnay ( mengikuti silus kulit usia anak-anak) maka kulit akan senantiasa terjaga elastisitasnya. Meski demikian, treatment ini menyediakan opsi yang beragam. Jadi, untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit, anda diwajibkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Skin rejuvenation masa kini umumnya lebih baik sebab mampu mengembalikan kekenduran kulit ( sagging skin ) , membantu mencegah dan menyamarkan keriput dalam akibat kontraksi otot wajah, serta mengisi bagian kulit yang berkeriput ( face sculpting ). Memang lengkap , tapi itu jika umur kulit Anda memang sudah terlanjur menua.
Jujur Pada Kulit
Perlakukanlah kulit Anda secara jujur . Rawatlah dengan menggunakan produk yang benar-benar sesuai untuk umur kulit Anda saat ini. Bukan usia Anda.


Oleh karena dua hal ini adalah persoalan yang berbeda. Usia menendakan tentang waktu Anda di muka bumi, sedang ' umur kulit' menyiratkan catatan aktivitas dan kebiasaan Anda selama ini. Bingung mengukurnya ?
Jangan pusing,
Sebagai contoh, jika usia biologis Anda saat ini sekitar 25-30 tahun tapi punya ritme hidupberjenis ' hectic-stress' yaitu dengan aktivitas ekstra di ruang ber-AC atau justru terekspos sinar matahari. Ditambah pola makan ala ' yang penting makan' plus waktu istirahat yang berbanding lurus dengan ' deadline pekerjaan' , itu artinya Anda perlu produk kulit yang kira-kira setara untuk wanita berusia 35 tahunan. Pokoknya lima sampai sepuluh tahun lebih tua dari usia biologis Anda saat ini. Mengerikan? Pasti. Makanya , pilihan ada di tangan Anda kok.
Kulit Mulus Dengan Gula
Di balik manisnya gula , ternyata bisa membuat kulit menjadi mulus, sehat dan berseri ? Tak percaya ? Coba saja perawatan kulit dengan scrub gula.
Mengenal Gula Lebih Dekat
Gula bisa diolah menjadi aneka produk kecantikan, khususnya untuk melembutkan kulit. Dari beberapa penelitian , gula mengandung zat-zat pelembut yang berkhasiat menghilangkan sel-sel kulit mati. Itulah sebabnya di beberapa pusat spa di dunia, gula telah lama dikenal sebagai salah satu bahan yang berkhasiat untuk kulit.
Pengertian gula dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, pertama gula yang sehari-hari ditambahkan pada bahan makanan dan minuman, seperti gula yang sering kita komsumsi.
Jenis kedua adalah gula yang terkandung alami dalam bahan makanan sepeti buah-buahan dan sayuran yang memiliki rasa manis secara alami , seperti semangka, melon dan sejenisnya.
Gula yang biasa kita gunakan dikenal dalam istilah kimia sebagai sukrosa yang diperolah dari tebu atau nira dengan suatu proses industri yang panjang . Selain itu dikenal pula gula anggur ( dektrosa ) , gula buah ( fruktosa ), sirup glukosa , gula susu ( laktosa ), dll
Namun pada umunya gula tidak mengandung vitamin , tidak mempunyai serat ( fibre ) , dan hanya menagndung sejumlah kecil mineral, akan tetapi mengandung kalori yang cukup banyak, sekitar 394 kkal dalam 100 gram bahan . Sehingga dapat dikatakan, gula adalah sumber kalori yang miskin nilai gizi. Pasalnya semua bahan yang bernilai misalnya vitamin , mineral dan sebagainya hilang selama proses pemurnian gula, sehingga yang tersisa hanyalah suatu bahan yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.
Riwayat Gula Dalam Kecantikan
Gula dan kecantikan telah memiliki riwayat yang cukup lama, dan telah dimanfaatkan oleh penduduk dari berbagai belahan dunia. Menurut catatan sejarah , penduduk kawasan Kepulauan Pasifik Selatan pertama kali menemukan sugar cane atau gula batu yang tumbuh secara natural di sekitar tempat tinggal mereka. Beberapa tahun kemudian , pada zaman Kekaisaran Romawi, Poppea Sabina, istri kedua dari Kaisar Nero menggunakan campuran madu, gula dan susu untuk perawatan kulitnya. Menurut catatan dari world beauties for sugar, kaum perempuan Mesir telah memiliki ramuan khusus berupa gula organik dan lemon yang dicampur hingga menyerupai pasta , dan digunakan sebagai scrub untuk mendapatkan kulit yang halus dan putih.



Tidak ada komentar: